Ini Beliau Resep Tempe Mendoan Cilacap Paling Lezat

Pada potensi kali ini resep yang hendak coba penulis diskusikan secara lengkap merupakan resep tempe mendoan cilacap. Mendoan merupakan jenis panganan gorengan yang materi dasarnya merupakan tempe. Jenisnya tempe mendoan ini ternyata ada banyak lho dan lazimnya dibedakan menurut tempat tempat tempe mendoan ini berasal. Salah satu tempe mendoan yang paling terkenal merupakan tempe mendoan purwokerto dan tempe mendoan cilacap.

Tempe mendoan ini sendiri menurut wikibooks sebenarnya berasal dari tempat banyumas , tetapi sesuai dengan perkembangannya setiap tempat memiliki kekhasan rasa dan performa tersendiri yang membuat tempe mendoan ini berlawanan dari satu tempat yang lain , tidak ada perbedaan yang sungguh menonjol sebenarnya selain cuma perbedaan bentuk dan asal nama kota atau wilayahnya saja.

Mendoan memang merupakan jenis bukaan yang sungguh banyak digemari. Makanan ringan ini sungguh enak bila disuguhkan dengan cabe hijau atau sambel kecap pedas , ditambah mentimun juga tak kalah sedap. Untuk materi dasar resep tempe mendoan cilacap itu sendiri semestinya memang menggunakan tempe jenis khusus mendoan yang berupa lebar dan tipis , lazimnya berisikan cuma satu atau dua lembar saja perbungkus. Untuk bumbunya lazimnya tepung yang diadon halus di tambahkan dengan capuran aneka serpihan seledri dan bumbu khas jawa yang lain untuk menampilkan cita rasa yang enak dan aroma yang sedap.

Tidak susah koq menghasilkan tempe mendoan khas cilacap , anda dirumah juga sanggup menjadikannya dengan mudah , untuk anda yang bertujuan untuk menjajal mengolah masakan tempe mendoan cilacap ini , berikut penulis berikan resep tempe mendoan cilacap yang enak dan mudah untuk dibuat.

Resep Tempe Mendoan Cilacap

Bahan-bahan dasar Yang Diperlukan Untuk Membuat Tempe Mendoan Cilacap:


  • Tempe mendoan 10 buah (jika tidak ada sanggup diganti menggunakan tempe biasa yang dipotong tipis sebanyak kurang lebih 300g) 
  • Daun bawang sebanyak 2 batang , iris halus 
  • Tepung beras sebanyak 1 sdm 
  • Tepung Terigu sebanyak 3 sdm 
  • Air mineral dalam jumlah seperlunya untuk memperoleh campuran bumbu dengan kekentalan yang dinginkan 
  • Minyak goreng yang butuhkan untuk menggoreng tempe mendoan


Untuk menghasilkan bumbu yang dihaluskan , berikut bahan-bahan yang diperlukan:


  • Bawang putih 2 siung 
  • Kemiri 1 butir 
  • Ketumbar yang telah dihaluskan sebanyak 1 sdt 
  • Kencur dalam jumlah secukupnya 
  • Garam dalam jumlah secukupnya


Cara menghasilkan tempe mendoan cilacap:


  1. Campurkan tepung beras dan tepung terigu , aduk halus. 
  2. Tambahkan bumbu yang telah dihaluskan , daun bawang , serta air bertahap , aduk hingga rata. 
  3. Ambil serpihan tempe mendoan atau tempe biasa yang telah dipotong tipis kemudian campurkan kedalam campuran tepung. 
  4. Goreng kedalam minyak yang telah dipanaskan apalagi dulu , tunggu hingga campuran tepung matang namun jangan hingga kering , untuk mengetahuinya sanggup dilihat dari warna tepung yang berwarna putih. 
  5. Angakat tempe mendoan kemudian tiriskan untuk mencampakkan minyak. 
  6. Sajikan tempe mendoan anda selagi hangat dengan cabe rawit atau sambel pedas kecap kesukaan anda.


Nah , itulah tutorial lengkap resep tempe mendoan cilacap yang sanggup anda coba dirumah. Tidak susah koq untuk menjadikannya , untuk hasil yang optimal semestinya memang menggunakan tempe jenis mendoan saja dibandingkan tempe jenis biasa , hal ini dikarenakan jenis tempe mendoan memiliki tingkat ketebalan dan bentuk yang unik khas tempe mendoan. Untuk sambelnya sendiri anda sanggup menggunakan cabe hijau mentah eksklusif ataupun menghasilkan sambel kecap yang diaduk dengan cabe rawit. Resep tempe mendoan cilacap ini sanggup lho anda coba di sela-sela waktu senggang anda , selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar